Studio Photo

Studio Photo
Studio Photo

Selasa, 24 Mei 2011

MU BOARDING SCHOOL SMK

MU BOARDING SCHOOL SMK


Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor


1. Kopling Otomatis
Baut setelan kopling biasanya ada di bak kopling sebelah kanan. Tinggal siapkan kunci pas untuk mur pengunci baut dan obeng minus untuk baut penyetel. Langkah pertama, kendurkan mur pengunci pakai kunci pas. Setelah dikendurkan, tinggal putar baut penyetel.

Putar dengan arah berlawanan jarum jam, sampai terasa mentok. Lalu, putar pelan-pelan ke arah jarum jam. Standar secara umum saat menentukan putaran baut penyetel pada buku manual antara 1/4 dan 1/8 putaran. Berarti bermain di putaran 22,5 derajat sampai 11,25 derajat. Patokan ini diterapkan untuk menentukan jarak main tekanan stut ke pelat penekan.

Yang penting adalah clearance antara stut dan pelat penekan, jika clearance-nya lebar respons menjadi agak lambat. Semakin sempit celah antara stut penonjok pressure plate, respons akan menjadi lebih cepat. Rasakan saat akan menjalankan motor, pindahkah persneling dengan menginjaknya, lalu dilepas. Setelah setelan sesuai dengan yang diinginkan, tinggal kencangkan. Tahan baut penyetel pakai obeng min dan kencangkan mur pengikat baut.

2. Kopling Manual

Kopling manual harus selalu dikontrol setiap pemakaian 1.500 km untuk menjaga kondisi rangkaian komponennya, terutama kampas dan kabel kopling, apakah mereka bekerja ideal (gerakan buka-tutup kampas dan pelat bergerak bebas). Pengecekan jarak main kopling bermanfaat untuk memperpanjang umur pakai (life time) kampas dan kabel kopling.

Aturan jarak main kopling standar pabrikan yang mengacu pada buku manual adalah antara 2-4 mm (diukur dari kerenggangan handle). Gunakan penggaris untuk mengukurnya. Cara menyetelnya, kendurkan mur pengunci, putar baut penyetelnya, putar ke arah jarum jam agar jarak main semakin sempit.

Kalau digerakkan ke arah berlawanan, jarak main semakin lebar. Terus lanjutkan ke kabel kopling bawah. Kendurkan baut pengunci menggunakan kunci pas. Lalu, putar mur penyetel. Putarannya harus sesuai putaran di tuas kopling atas. Silakan kencangkan mur penyetel sambil menahan gerak mur pengunci. Jangan lupa, sebelum menyetel lumasi dulu kabel kopling dengan oli supaya tidak seret.

a. Kopling kurang bebas apabila:
• Putaran stasioner mesin terlalu tinggi
• Mesin tidak langsam
• Kampas dan plate-nya lengket
• Kedudukan kopling tidak pas

b. Tanda-tanda kerusakan pada bagian kopling:
• Bunyi berisik pada bagian samping kanan
• Tenaga motor berkurang
• Handle kopling terasa berat

c. Penyebab kick starter ngelos:
• Kampas kopling sudah tipis
• Bola-bola bearing otomatis, didalam rumah kopling sentrifugal sudah aus
• Paku penahan rumah kopling patah

d. Mesin hidup, tetapi motor tidak bisa berjalan antara lain karena:
• Kopling pertama atau kopling primer rusak
• Penyetelan yang salah pada kopling pemindah gigi (kopling kedua)
• Gigi transmisi macet
• Countershaft dan driveshaft rusak
• Gear depan atau sprocket depan aus
• Paku transmisi patah

Referensi
oleh: mohammad akhid

Cara Mengatasi Keluarnya Asap Putih pada Motor 4 tak

Posted on 17 April 2011 by Rachmad Revanz

Asap MotorKeluarnya asap putih dari knalpot pada motor 4 tak menandakan kebocoran oli ke dalam ruang bakar. Hal ini bisa disebabkan oleh silinder atau kepala silinder.
1. Jika liner silinder tergores, lakukan oversize serta mengganti piston dan ring piston.
2. Jika piston dan ring piston aus, tetapi silinder bagus (tidak tergores), lakukan pengukuran clearence silinder normal antara 0,03-0,05.
3. Jika seal klep bocor (biasanya seal sudah keras), ganti dengan seal baru yang asli (original).
4. Jika klep bengkok atau bos klep longgar, gantilah dengan komponen baru.
5. Jika packing kepala silinder retak sehingga oli masuk ke dalam ruang bakar melalui saluran pelumasan, gantilah packing kepala silinder dengan yang baru.

Lakukan oversize bila silinder tergores atau cacat, dan ganti piston serta ring dengan diameter yang lebih besar. Seal klep harus selalu diganti apabila melakukan pembongkaran komponen kepala silinder.

Kepala silinder wajib diperiksa, misalnya mengecek kebocoran kompresi pada klep dengan menuangkan bensin ke kubahnya. Pemasangan ring piston harus dilakukan dengan mengikuti sudut pemasangan ring piston. Atau, pemasangan ujung ring pertama dan ring kedua sebaiknya dibuat berlawanan (lihat tampilan skema pemasangan ring piston).

Namun, Anda perlu waspada bahwa keluarnya asap putih juga bisa disebabkan oleh permukaan oli mesin terlalu tinggi atau volume oli mesin melebihi takaran.

Referensi

Perawatan Rem Cakram

Rem memiliki fungsi yang sangat vital bagi operasional sepeda motor karena menyangkut unsur keselamatan. Saat ini rem cakram telah umum digunakan pada sepeda motor keluaran terbaru. Sebagian hanya menggunakannya di roda depan, sedangkan yang lainnya menggunakan di roda depan dan belakang.

Rem cakram terdiri dari piringan cakram baja terbuka dan unit kampas untuk menjepit cakram sehingga putaran roda berhenti. Rem cakram membutuhkan perawatan berkala sehingga fungsinya dapat optimal. Berikut ini beberapa perawatan pada rem cakram yang bisa dikerjakan sendiri.

1. Disc Cleaner
Karena posisinya terbuka maka debu dan kotoran dengan mudah menempel pada rem cakram. Perawatan berkala dilakukan dengan menyemprotkan pembersih cakram (disc cleaner) setelah sepeda motor tersebut menempuh sekitar 5.000 km. Apabila medan yang Anda lalui setiap hari adalah jalan tanah berdebu maka perawatan rem cakram ini menjadi lebih sering lagi. Setelah debu dan kotoran rontok dari permukaan piringan cakram tersebut, keringkan dengan kain untuk hasil pembesihan yang optimal.

2. Ampelas dan Bubut
Rem cakram bekerja dengan cara menghentikan putaran piringan cakram yang dihubungkan dengan roda dengan menjepitkan kanvas rem yang statis. Proses penghentian putaran roda tersebut memakan waktu dan terjadi gaya gesek yang kuat. Permukaan piringan cakram dan kanvas rem bisa raja menjadi tidak rata. Karena kuatnya gesekan yang terjadi, maka permukaan piringan cakram dan kanvas rem menjadi tipis. Karena permukaan kanvas rem yang sudah tipis tersebut maka dapat terjadi bunyi berdecit ketika dilakukan pengereman, dan apabila hal itu terjadi, sebaiknya segera ganti kanvas rem Anda.
Perawatan bisa dilakukan dengan mengampelas atau membubut kanvas rem dan piringan cakram supaya permukaannya tetap rata, tergantung kondisinya. Akan tetapi, jika kondisinya sudah tipis, maka akan lebih balk untuk menggantinya. Piringan cakram yang terlalu tipis bisa menyebabkan retak-retak atau bahkan pecah ketika digunakan.

3. Minyak Rem
Minyak rem memiliki batas waktu pemakaiannya. Seiring waktu minyak rem akan mengalami penurunan fungsinya. Molekul-molekul dan aditifnya mengalami kerusakan. Maka, penggantian berkala perlu dilakukan. Hal yang perlu diperhatikan adalah jumlah minyak remnya. Jika jumlahnya mulai berkurang, segera isi sehingga jumlahnya cukup.
Ada banyak minyak rem beredar di pasaran. Setiap minyak rem tersebut memiliki kualitas yang berbeda-beda. Umumnya setiap menempuh 10.000 km minyak rem perlu diisi dan diganti. Gunakan minyak rem sesuai spesifikasi sepeda motor Anda.


Memeriksa Aki Dari Kerusakan-Kerusakan Yang Biasa Terjadi

Memeriksa Aki

Jika tidak diperiksa secara rutin, aid bisa saja tiba-tiba ngadat di tengah jalan. Pemiliknya bisa jadi akan sangat repot jika aid mobilnya ngadat.

Mobilnya tiba-tiba tidak bisa di-starter, dan is terpaksa harus mendorongnya agar dapat hidup kembali. Itu pun harus dengan bantuan orang lain. Namun, tidak semua kendaraan bisa diperlakukan seperti itu. Pada kendaraan dengan sistem transmisi otomatis, mobil tidak mungkin dapat didorong jika mogok karena tidak bisa di-starter.

Karenanya, periksalah aki sekurang-kurangnya seminggu sekali. Hati-hatilah dalam melakukan pemeriksaan. Lindungilah kulit dan mata dari tumpahan accu zur.

Cairan yang terdapat di dalam aki ini dapat mencederai kulit dan mata. Jangan merokok saat memeriksa.
Percikan api dapat membuat aki meledak. Pakailah sarung tangan dan kaca mata saat memeriksa atau memperbaiki
Langkah pertama dalam memeriksa aki adalah mengecek kerusakan-kerusakan yang biasanya terjadi, yaitu:
1. Body aki benjol atau malah retak,
2. Air aki berkurang atau malah habis sama sekali,
3. Kabel aki ada yang sobek atau hampir putus,
4. Muncul kerak pada terminal atau kepala aki,
5. Ada baut pengikat kepala aki yang lepas atau hilang.


Merawat Ban Agar Awet

Merawat ban agar awet menjadi kewajiban bagi pengendara sepeda motor. Selain sebagai penghematan, merawat ban dengan benar juga turut menjaga keselamatan pengendara maupun penumpangnya. Tekanan udara ban yang tak tepat sangat mempengaruhi keseimbangan dan stabilitas laju sepeda motor. Beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai keadaan ban sebagai berikut:

Ban bocor
Periksa pentil ban, apakah mengalami kebocoran atau tidak? Caranya lepaskanlah tutup pentil dan taruhlah air di atas lubang pentil. Bila air membentuk gelembung udara, bisa dipastikan pentil tersebut bocor. Bila bocor, keraskanlah pentil tersebut dengan mernakai alat pengencang pentil yang ada di tutup pentil. Namun, bila masih bocor, berarti pentil tersebut rusak dan harus diganti dengan yang baru. Periksalah apakah ban terkena paku atau benda-benda tajam lainnya.

Ban aus secara abnormal
Jika telapak atau tread ban telah aus, ban mudah tertusuk dan rusak. Tekanan ban hams disetel supaya sesuai beban pada sepeda motor.

Ban berputar tak teratur
Periksa ban apakah berputar seimbang atau tidak? Dan periksa apakah jari-jari telah dikencangkan secara benar atau belum? Jika ban berputar tidak seimbang, berarti jari-jari pelek roda sudah kendur.

Tekanan ban

Periksa secara rutin tekanan angin setiap kali mau mengendarai sepeda motor. Samakan tekanan angin antara ban depan dengan ban belakang.

Jarak tempuh
Setiap 10.000 km, keseimbangan dan kelurusan ban harus dicek. Selain jarak tempuh, suhu dan cuaca juga mempengaruhi keawetan ban. Kondisi jalan yang panas pada musim kemarau menyebabkan usia ban lebih pendek dibandingkan pada musim hujan. Selain itu, cara mengendarai sepeda motor juga bisa mempengaruhi keawetan ban tersebut. Cara memulai jalan yang mendadak dan pengereman mendadak berpengaruh besar pada keawetan ban.


Tips Menghilangkan Tanda Goresan Pada Body dan Kaca Lampu Mobil/Motor

Bodi kendaraan tergores jangan takut..!!!

Sering kali kita mendapati bodi motor kita tergores tanpa kita tahu sebabnya. Hal ini sangat menjengkelkan, mengingat penampilan body motor sangat memengaruhi penampilan motor kita secara kesuluruhan. Namun, Anda jangan buru-buru dulu memvonis dan membuang atau membeli bodi yang lecet tersebut.

Ada sebuah langkah yang sangat jitu dan praktis bagi Anda yang ingin menghilangkan noda goresan pada bodi ataupun kaca lampu kendaraan Anda. Caranya, siapkanlah beberapa alat, antara lain kain, ampelas No. 2000 atau yang paling halus, kompoun putih, dan wak atau pemoles. Langkah berikutnya:

• Cuci bagian yang tergores hingga bersih dan lanjutkan dengan mengampelas bagian yang tergores hingga rata, hingga goresan betul-betul sudah tak terlihat lagi.

• Kemudian bersihkan sisa goresan dengan kompoun hingga luka bekas goresan tidak terlihat sama sekali.

• Langkah terakhir lakukan pemolesan pada bagian yang tergores hingga bodi ataupun kaca lampu kendaraan Anda bersih dan tampak berkilau kembali.

Namun, yang perlu diperhatikan ialah melihat bentuk goresan terlebih dahulu apabila goresan yang terjadi terlalu dalam, hal tersebut tidak direkomendasikan karena yang tergores bukan cat, melainkan plastik ataupun mika kendaraan Anda.


Tips Jika Mobil Mogok di Tengah Jalan

Entah mimpi apa semalam, di tengah kemacetan, tiba-tiba mobil Tamarra mogok. Mesin langsung mati dan tidak

bisa dinyalakan. Ketika mobil di depannya mulai melaju perlahan, klakson mobil di belakang mulai bersahutan. Wah kebayang gak sih kepanikan si cantik Tamarra “Alamaak gimana caranya saya dorong mobil ini? Mana kuaaaat ” keluhnya berulang-ulang sambil birnya sebentar-sebentar komat-kamit membaca doa pendek agar mesinnya menyala lagi.

Mungkin di antara kita pernah mengalami hal seperti ini. Hal yang terpenting adalah jangan panik, tetap berpikir jernih dan bersikap tenang. Nyalakan lampu hazard sebagai tanda sedang dalam kondisi darurat atau bermasalah. Untuk mengurangi panik, berusahalah memindahkan mobil ke tepi jalan untuk memeriksa masalah yang terjadi atau meminta bantuan teknis lebih lanjut dari bengkel, montir panggilan atau teman … Akan tetapi, inilah masalahnya… kita tidak kuat mendorong mobil sendirian.

Bagaimana caranya dong?
Berikut tip ringannya Ada dua kondisi mogok, yaitu:
1. Apabila mesin mobil mogok, tetapi kita masih bisa menyalakan Starter.
Pada kondisi seperti ini sebenarnya kita maslh cukup beruntung. Dengan asumsi accu dalam kondisi yang cukup balk, kita bisa memanfaatkan tenaga motor starter untuk mendorong mobil ke tepi jalan.

Caranya sebagai berikut:
1. Masukkan persneling ke gigi – 1
2. Jangan injak pedal kopling
3. Putar kunci kontak untuk menyalakan starter
Jangan kaget, mobil akan seperti melompat-lompat maju perlahan. Sembari mobil bergerak maju, arahkan kemudi agar mobil bergerak ke tepi jalan. Manfaatkan injak kopling jika mobil dapat meluncur sesaat setelah melakukan starter.
Cara ini juga efektif apabila mobil kita tiba-tiba mogok di perlintasan kereta api.

2. Apabila mesin mobil mogok dan kita sama sekali tidak bisa melakukan starter.
Pada kondisi hazard tetap menyala, simpan baik-baik barang berharga Anda, amati lingkungan sekitar, keluar dari mobil, jika perlu kunci segera mobil Anda, minta bantuan masyarakat sekitar untuk mendorong mobil ke pinggir dengan sikap yang ramah dan sopan. Apabila lingkungan sekitarnya sepi dan terasa kurang aman, gunakan handphone untuk meminta bantuan teman/bengkel/montir.
Setelah mobil berada di tepi jalan, lalu lintas kembali lancar. Kita pun tidak lagi panik karena suara klakson mobil atau motor lain.


Persiapan Mobil Untuk Melakukan Perjalanan Jauh (Mudik)

Sungguh bijaksana bila Anda mempersiapkan mobil sebelum melakukan suatu perjalanan yang jauh. Karena bila tidak, tujuan berlibur atau kepentingan bisnis apa pun yang akan Anda lakukan bakal berantakan akibat terjadinya kerusakan pada mobil.

Perjalanan itu sendiri bisa jadi perjalanan yang memakan waktu berhari-hari melintasi pulau, menyeberang beberapa selat atau bahkan hanya perjalanan dekat. Jauh atau dekat yang penting mobil harus selalu sehat agar perjalanan Anda menyenangkan dan aman.

Menyiapkan mobil perlu dilakukan beberapa hari sebelum rencana perjalanan dimulai. Hal ini penting agar persiapan betul-betul sempurna, juga untuk mengantisipasi kalau membutuhkan perbaikan yang harus dilakukan di bengkel sebelum hari berangkat.

Seandainya ada bagian yang belum sempurna masih ada kesempatan untuk memperbaikinya. Berikut ini pekerjaan apa saja yang perlu Anda siapkan atau bagian mana saja yang perlu diperiksa sebelum rencana perjalanan dilakukan. Membuat ruang penumpang menjadi longgar dengan memindahkan bagian yang tidak penting ke tempat lain merupakan ide yang sangat berguna dan perlu dipertimbangkan. Bagian atap mobil merupakan ternpat yang ideal untuk dioptimalkan.

Oleh karena itu, memasang kerangka tambahan di atas atap mobil untuk meletakkan barang-barang bawaan merupakan cara terbaik. Kendati begitu, harus diperhitungkan berat bawaan tersebut agar tidak merusak atap mobil. Ketika memasang kerangka di atas atap tersebut harus dipastikan kuatnya pengancingan pada nisi atap dan tidak merusak cat.

Pemilihan perangkat tambahan itu juga harus pasti, artinya pilihlah yang konstruksinya kuat sehingga tidak melengkung dan menimpa atap mobil. Setelah semua barang, seperti tas, perlengkapan sehari-hari dan sebagainya diletakkan di atas rak tersebut, jagan lupa untuk menutupinya dengan terpal, agar terlindung dari debu dan hujan.

Perhatikan 3 komponen penting dari mobil berikut ini.
1. Mesin dengan semua perlengkapan seperti saluran bensin, pompa, saringan udara, saringan bensin, karburator, dan mesin itu sendiri perlu diperiksa. Bagi mesin diesel, perhatikan saringan solar dan saringan udaranya, karena dua komponen ini sangat mempengaruhi tenaga mesin.
2. Periksalah roda termasuk ban, rem, transmisi, dan diffrential.
3. Bagian kelistrikan yang terdiri dari penerangan, pengisian aki, dan
sistem starter mesin sampai tali kipas. Kalau ketiga komponen ini sehat, niscaya perjalanan Anda akan menyenangkan.


Akibat Harddisk Dapat Rusak dan Cara Memperbaikinya

Harddisk adalah media penyimpan yang sangat penting pada komputer. Sayangnya, umur pemakaiannya terbatas. Kerusakan pada harddisk dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

1. Power supply yang tidak memadai dapat merusak hurddisk dan motor yang berada di dalamnya.
2. Harddisk yang jatuh dapat merusak mekanik di dalamnya atau menyebabkan terjadinya bad sector.
3. Terlalu sering dibawa tanpa pengaman dapat membuat platter harddisk rusak karena goncangan.
4. Suhu yang panas di lingkungan harddisk membuat kondisi harddisk tidak stabil.
5. Sudah maksimalnya umur harddisk (MTBF).

Harddisk yang sudah terkena bad sector masih mempunyai harapan untuk diperbaiki, selama motornya masih berputar dan pengatur (controller) masih bekerja. Kerusakan yang disebabkan oleh bad sector dibedakan menjadi 3 keadaan, yaitu:
1. Kondisi platter harddisk yang sudah aus. Kondisi ini menyebabkan harddisk sudah tidak dapat digunakan.
2. Kondisi platter yang sudah aus, tetapi belum mencapai kritis. Kondisi demikian masih memungkinkan harddisk untuk diperbaiki menggunakan low level format.
3. Kondisi platter yang sudah aus, baik parah ataupun ringan, dan juga terjadi kerusakan di cluster 0, yang merupakan lokasi dimana informasi partisi harddisk disimpan. Kondisi demikian menyebabkan harddisk tidak dapat diperbaiki.
Dari ketiga kondisi di atas, yang masih memungkinkan harddisk untuk diperbaiki adalah kondisi ke-2, yaitu masih stabilnya permukaan hard-disk, walaupun terjadi kerusakan ringan di beberapa tempat.

Referensi
Kumpulan Tips Super!
Oleh Zamakh Syarifani

Keunggulan Penggunaan Power Steering

Sama halnya dengan perangkat pengatur suhu (AC) yang sekarang sudah menjadi perlengkapan standar pada mobil penumpang, demikian pula halnya dengan power steering. Bisa jadi tuntutan konsumen sudah sedemikian rupa sehingga power steering sudah menjadi perlengkapan standar pada beberapa jenis mobil.

Lebih daripada itu, ada kecenderungan mobil penumpang yang kecil sekalipun dilengkapi dengan power steering, agar sistem kemudi dapat digerakkan dengan ringan. Bagian mobil yang satu ini sudah menjadi perlengkapan yang ditonjolkan sebagai nilai promosi yang lebih unggul dari produk mobil lainnya. Bukannya tanpa alasan.

Dalam berbagai percakapan, keluhan bahwa kemudi terasa berat saat ini santer terdengar, khususnya pada mobil yang tidak dilengkapi dengan power steering. Hal ini lebih banyak disebabkan oleh semakin banyaknya mobil yang mengganti ban yang lebih besar dan lebih lebar. Dengan lebih lebarnya permukaan ban pasti menyebabkan roda kemudi lebih berat.

Dengan demikian, mobil tanpa power steering sudah dirasakan ketinggalan “mode” sekalipun mobil tersebut termasuk kelas kecil yang notabene tanpa power steering pun seharusnya masih terasa lebih ringan. Agaknya perlengkapan-perlengkapan yang dulu hanya dipasang kalau ada permintaan khusus dari pemilik, sekarang telah menjadi perlengkapan standar, demikian pula terjadi pada sistem kemudi.

Cara Kerja Kemudi
Semua mobil pasti dilengkapi dengan kemudi. Cara kerjanya pun bermula dari roda kemudi. Roda kemudi yang diputar oleh pengemudi di tengahnya ada as utama yang menjulur ke ruang mesin. Lewat as utama yang ada di tengah-tengah roda kemudi tersebut, gerakan itu akan sampai ke kotak gigi kemudi (gear box), dan akan bereaksi memutar sistem stir. Baik pada sistem stir gear box maupun rack and pinion, keduanya membutuhkan as utama.

As ini bisa terpotong-potong menjadi beberapa bagian tergantung situasi ruangan yang ada pada ruangan mesin. Bagi mobil- mobil model Jeep memungkinkan as berbentuk sebuah batang panjang karena ruangan di mesin cukup longgar. Namun, bagi mobil dengan penggerak roda depan (FWD) kita jumpai bisa dipotong menjadi tiga bagian. Satu sama lain lalu disambung dengan semacam krosjoin (yoke). As dipotong-potong karena perlu ditekuk-tekuk disesuaikan dengan situasi ruangan mesin.

Dengan adanya roda kemudi, as utama dan kotak roda gigi penggerak, maka ban dan roda mobil bisa berputar sesuai kehendak pengemudinya. Tentang kemudi ini memang terus mengalami perubahan seiring dengan perubahan yang terjadi pada dunia permobilan. Dari waktu ke waktu ternyata tuntutan akan kemudahan dan kenyamanan dalam berkendaraan terus meningkat. Demikian halnya dengan sistem kemudi mobil.

Teknologi pengoperasiannya juga terus dikembangkan. Kemudi yang tadinya menggunakan kotak roda gigi, sekarang banyak yang mengganti dengan sistem rack and pinion yang lebih responsif dan ringan. Walaupun cara kerja kemudi rack and pinion ini sudah ringan, namun dirasakan belum cukup juga. Kemudi masih terasa berat khususnya kalau mobil hendak diparkir pada tempat yang sempit. Maka, pilihannya jatuh pada power steering. Dengan dipasangkannya power streering, maka kemudi menjadi semakin ringan.

Mungkin akhirnya Anda pun berpikir, apakah mobil buatan tahun-tahun terakhir dengan sistem kemudi tanpa power steering semakin berat ataukah manusianya yang semakin lemah, kurang bertenaga sehingga mengeluh payah hanya untuk menggerakkan stir mobil ataukah tuntutan akan kenyamanan yang semakin tinggi? Jawaban yang paling tepat adalah kedua-duanya.

Pemasangan Power Steering
Dari kedua sistem kemudi tersebut, yang menggunakan cara kotak roda gigi lebih mudah untuk dipasangkan power steering.

Power Steering Kotak Roda Gigi
Cara pemasangan model ini lebih mudah, dan yang penting bagi Anda adalah mencari bengkel yang mempunyai keahlian khusus memasang power steering.


Cara menyetel kopling speda motor Honda

Ada kalanya Anda mecoba sendiri melakukan penyetelan klep pada motor Anda, tapi perlu diingat, bahwa setelan klep yang benar atau salah akan mempengaruhi terhadap performa mesin Sepeda Motor.

Berikut ini saya tulis secara ringkas cara cara yang tepat menyetel klep pada Sepeda Motor Honda.
1. Persiapkan alat-alat antara lain;

  1. Obeng (-) besar
  2. Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Kharisma)
  3. Kunci T 14 (untuk motor Supra Fit, Tiger)
  4. Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek)
  5. Ring 10-11 (untuk motor tipe Sport)
  6. Ring 17 (untuk motor tipe Sport)
  7. Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
  8. Fuller gauge 1set
  9. Valve Adjusting wrech (kunci klep)

2. Buka kedua tutup klep (In dan Ex) dengan menggunakan kunci Ring 17(tipe bebek) atau Kunci Ring 24(tipe Sport)

3. Awalnya posisikan agar kondisi valve bebas atau posisi piston pada Titik Mati Atas (TMA), dengan cara buka tutup magnet pada blok mesin kiri dengan menggunakan Obeng (-) besar (ada 2 buah ), pergunakan kunci Ring 14/17 untuk memutar poros engkol berlawanan dengan jarum jam.

4. Sambil memutar poros engkol, perhatikan pada saat valve In bergerak, lihat pada lubang kecil di blok magnet, posisikan tanda T pada garis lurus di lubang kecil blok magnet.

5. Kemudian pegang dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas.

6. Jika langkah diatas sudah benar, maka lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap-tiap motor sbb;

  • Tipe Sport (Tiger,Mega Pro,GL Pro,Phantom) ukuran = 0,10mm (±0,01mm).
  • Tipe Bebek (Supra Fit, Grand, Legenda, Supra X, Win, GL 100) ukuran celah klep = 0,05mm (±0,01mm).
  • Tipe Bebek (Supra X 125, Kharisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03mm (±0,01mm)
  • Tipe Matik (Vario) ukuran celah klep ( Klep In : 0,15mm (±0,01mm) Klep Ex : 0,26mm (±0,01mm) )

Cara penyetelannya adalah, kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan menggunakan Ring 8-9 / 10-11

7. Lalu letakkan Fuller gauge sesuai ukuran celah klep kedalam ujung batang klep, putar tappet adjuster(baut stelan klep) sampai terasa apabila fuller gauge di tarik terasa seret dan apabila didorong tidak bisa.

8. Kemudian keraskan lagi mur stelan klep dan cek ulang hasil stelan klep tadi, sampai hasilnya tepat, (bila fuller gauge terasa ditarik seret dan di dorong tidak bisa)

9. Tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka kemudian rasakan hasilnya. MANTAP!

Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.

Cara membongkar sepeda motor Honda

Anda masih awam? Motor berisik nggak karuan pengen tahu apa yang rusak! Kepingin dibongkar sendiri? jangan sembarangan…!
sebab klo asal coba-coba bisa berabe… ada yang bautnya pada ilang… ada yang olinya berceceran, lupa masang komponennya… de el.. el..
nih gw kasih tips analisa mesin dengan membongkarnya sendiri.. ;

1. siapin alat-alatnya

  • kunci-kunci standar seperlunya
  • kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit & tracker kopling
  • bak ukuran kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah-kiri, bagian atas, dan bagian tengah-kanan
  • bak ukuran sedang sebanyak 4pcs — > fungsinya tempat komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan dan tengah
  • bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
  • lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor, dan komponen mesin bila perlu
  • balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin
  • kompresor, buat ngeringin komponen yang udah di bersihin pake bensin
  • buku panduan (catalog mesin Honda) yang nanti bisa di download dari blog ini secara gratis… tapi tunggu yach… sabar!

2. proses pembongkaran mesin saya sarankan secara berurutan yaitu;

  • mesin bagian kiri
    • komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante stater
  • mesin bagian atas
    • komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep, piston, blok silinder
  • mesin bagian kanan
    • komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set
  • mesin bagian tengah
    • komponennya al; gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher

3. jangan lupa kumpulkan baut – baut dan komponen – komponen pada bak yang berbeda sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat pemasangan kembali tidak salah

4. setelah semua selesai di bongkar, maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen secara berurutan pula sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin yang bersih, catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang berbeda

5. lakukan perbaikan atau penggantian part yang rusak

6. beberapa item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar mesin adalah ;

  • gasket kit A ( paking top set )
  • gasket kit B ( paking full set )
  • oil seal selah
  • oil seal operan / persnelling
  • oil seal gear
  • oli mesin 1 liter

7. pastika semua komponen mesin bersih, karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING dalam proses bongkar mesin,

8. lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari tengah – kanan – atas – kiri

9. setelah semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter

10. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada seua bagian blok – blok mesin

11. nggak ada yang bocor! Beres dech…!

Klo begini ongkos bongkar pasang mesin GRATIS! Karena kita sendiri yang ngerjain, klo di kerjakan di bengkel Ahass / bengkel umum kisaran harganya ; Rp. 150.000,-

Tapi inget, harus optimis dahulu sebelum mencoba jagan ragu-ragu… kalo ragu-ragu datang dan relakan aja Rp. 150.000 ke bengkel Ahass… TAPI AMAN….! DAN BERGARANSI! — > 1 bulan.


Menyetel langsam motor tiger revo

Banyak pemakai motor suka mengotak-atik stelan langsam motornya, dengan alasan langsamnya kegedean, akhirnya dikecilin sampai sekecil mungkin. Eit… hati-hati… cara begitu tidak dianjurkan oleh pihak pabrikan, Tanya Ken-apa?

Karena mesin butuh pelumasan yang bagus, nah… pelumasan ini bekerja dengan baik berdasarkan tekanan dari putaran pompa oli dari mesin bagian bawah ke mesin bagian atas, kalo pada saat langsam RPM mesin dibawah ketentuan pabrikan, maka akan berdampak tidak baik pada motor ente! karena system pelumasan kurang sempurna ujung-ujungnya usia mesin jadi ngga seperti seharusnya…. Begitu bro…

Nah disini saya akan bahas sedikit mengenai cara menyetel langsam motor yang bener.

Pertama, kita harus tahu berapa ukuran RPM standart tipe motor yang akan di stel, misalnya tipe Tiger Revolution.

Besarnya putaran mesin langsam tipe motor ini adalah 1300 – 1500RPM

Nih caranya:

  1. Putar penyetel langsam yang ada dikarburator pada sebelah kiri motor hingga putaran mesin menengah atau kira-kira 2000-2500RPMslide1.jpg
  2. Langkah berikutnya menyetel skrup udara yang ada di bagian bawah pada karburator dengan menggunakan alat Obeng (-) kecil

stel_angin.jpg

  1. Besarnya stelan angin untuk tipe motor Tiger ini adalah kurang lebih antara 2 – 2,5 putaran. (putar kekanan mentok dan kembalikan kekiri hingga 2 – 2,5 putaran (sampe ketemu putaran mesin yang paling stabil).
  2. Kemudian kecilkan RPM dengan memutar baut penyetel langsam kekiri hingga ditemukan 1200 – 1300RPM, dengan melihat jarum penunjuk pada Tachometer. seperti pada gbr dibawah ini…

slide2.jpg

Kendala yang dihadapi saat menyetel langsam :

  1. Mesin tersendat-sendat (tidak bisa stabil)
    1. Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
    2. Ukuran Main jet dan slow jet tidak berubah ( sesuai dengan standar ) apabila tidak sesuai, maka bisa susah langsam, karena campuran BB tidak tepat
    3. Periksa apakah ada kebocoran udara pada karburator dan intake manifold
  2. Putaran mesin turun terlalu lama (nge-gerung)
    1. Periksa kemungkinan baut karburator masih kendor, sehingga ada kebocoran udara
    2. Periksa kedudukan jarum skep & skep sudah tepat dan tidak macet/seret pada saat balik
    3. Periksa per skep mungkin sudah lemah
    4. Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
    5. Periksa, kemungkinan BB bercampur dengan air
  3. Knalpot nembak-nembak setelah gas ditarik
    1. Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
    2. Periksa tidak ada kerusakan pada seal(karet) pada stelan angin, dengan membuka dan melepas skrup stelan angin dari karburator.
    3. Periksa dan pastikan bahwa skrup stelan angin tidak cacat (ujung yang lancip pada stelan angin tidak patah)

Demikian, silahkan coba prosedur diatas, apabila mengalami kesulitan silahkan layangkan komentar ke kami, dan apabila ada yang ingin menambahkan silahkan tuliskan untuk kami.

Thanks….

Cara menyetel klep motor Honda

Ada kalanya Anda mecoba sendiri melakukan penyetelan klep pada motor Anda, tapi perlu diingat, bahwa setelan klep yang benar atau salah akan mempengaruhi terhadap performa mesin Sepeda Motor.

Berikut ini saya tulis secara ringkas cara cara yang tepat menyetel klep pada Sepeda Motor Honda.
1. Persiapkan alat-alat antara lain;

  1. Obeng (-) besar
  2. Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Kharisma)
  3. Kunci T 14 (untuk motor Supra Fit, Tiger)
  4. Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek)
  5. Ring 10-11 (untuk motor tipe Sport)
  6. Ring 17 (untuk motor tipe Sport)
  7. Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
  8. Fuller gauge 1set
  9. Valve Adjusting wrech (kunci klep)

2. Buka kedua tutup klep (In dan Ex) dengan menggunakan kunci Ring 17(tipe bebek) atau Kunci Ring 24(tipe Sport)

3. Awalnya posisikan agar kondisi valve bebas atau posisi piston pada Titik Mati Atas (TMA), dengan cara buka tutup magnet pada blok mesin kiri dengan menggunakan Obeng (-) besar (ada 2 buah ), pergunakan kunci Ring 14/17 untuk memutar poros engkol berlawanan dengan jarum jam.

4. Sambil memutar poros engkol, perhatikan pada saat valve In bergerak, lihat pada lubang kecil di blok magnet, posisikan tanda T pada garis lurus di lubang kecil blok magnet.

5. Kemudian pegang dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas.

6. Jika langkah diatas sudah benar, maka lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap-tiap motor sbb;

  • Tipe Sport (Tiger,Mega Pro,GL Pro,Phantom) ukuran = 0,10mm (±0,01mm).
  • Tipe Bebek (Supra Fit, Grand, Legenda, Supra X, Win, GL 100) ukuran celah klep = 0,05mm (±0,01mm).
  • Tipe Bebek (Supra X 125, Kharisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03mm (±0,01mm)
  • Tipe Matik (Vario) ukuran celah klep ( Klep In : 0,15mm (±0,01mm) Klep Ex : 0,26mm (±0,01mm) )

Cara penyetelannya adalah, kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan menggunakan Ring 8-9 / 10-11

7. Lalu letakkan Fuller gauge sesuai ukuran celah klep kedalam ujung batang klep, putar tappet adjuster(baut stelan klep) sampai terasa apabila fuller gauge di tarik terasa seret dan apabila didorong tidak bisa.

8. Kemudian keraskan lagi mur stelan klep dan cek ulang hasil stelan klep tadi, sampai hasilnya tepat, (bila fuller gauge terasa ditarik seret dan di dorong tidak bisa)

9. Tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka kemudian rasakan hasilnya. MANTAP!

Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.

Ngecek lampu depan mati atau redup

Repot apabila malam-malam, lagi asyik-asyiknya naik motor sambil boncengin pacar, tiba-tiba lampu depan redup… redup… dan akhirnya mati, wah repot kalo gitu.
apa yang harus kita lakukan?
begini nih cara ngecek kelistrikan pada lampu depan. kita ambil contoh motor ente adalah motor grand (biar agak tuaan dikit):

  1. pertama; perlu tahu terlebih dahulu komponen apa saja yang berhubungan yaitu ;
    1. spull
    2. kiprok
    3. saklar kanan
    4. saklar jauh dekat
    5. lampu depan
    6. lampu belakang
  2. kedua; cek sambungan kabel-kabelnya, diantaranya semua kabel yang berhubungan dengan lampu depan pada motor ini adalah ;
    1. spull : kuning dan putih
    2. kiprok : kuning, putih dan hijau
    3. saklar kanan : kuning, coklat/putih dan coklat
    4. saklar jauh-dekat : biru, coklat/putihdan hijau.
  3. Periksa tahanan spull dengan alat AVOmeter pada kabel warna kuning dengan hijau, besarnya tahanan kira2 : 0,02-0,05Ohm, apabila memenuhi tahan std, maka spull bagus
  4. Periksa tahanan spull dengan alat AVOmeter pada kabel warna putih dengan hijau, besarnya tahanan kira2 : 0,02-0,05Ohm apabila memenuhi tahan std, maka spull bagus
  5. periksa tegangan (voltase) yang masuk ke kiprok pada saat motor dinyalakan dengan AVOmeter pada posisi AC, dimana kabel kuning berhubungan dengan merah pd AVO dan kabel hijau berhubungan dengan kabel hitam pada AVO
  6. besarnya tegangan pada saat ditarik gas adalah maksimal 12-14Volt, apabila dibawah tegangan tersebut, berarti kiprok anda bermasalah., dan minta di lem biru(lempar beli baru).

demikian sedikit tips ringkas dari saya, apabila ada yang ingin berkomentar, silahkan tulis melalui form komentar….. ditunggu….

Grease penting untuk motor baru anda

aanda baru beli motor? syukur kalo iya… berarti rejeki lancar, jangan bilang nggak! tapi belum, siapa tahu sebulan lagi ketiban rejeki bisa beli motor baru, Honda lagi! ^_^
saya sisipkan beberapa tips buat yang baru beli motor baru, demi keamanan motor anda sehingga beberapa komponen penting motor anda awet!

hal ini terasa sepele, namun sangat sering sekali orang lewatkan.
apaan sih, begini loh nggak usah panjang lebar, hal ini saya sampekan dikarenakan sudah berkali-kali kami menemukan kasus-kasus dibengkel Ahass yang dikeluhkan oleh konsumen dan mekanik pada saat bekerja dikarenakan kelalaian yang sepele ini, contoh kasus yang ada adalah ;

  • pada saat penggantian Pad set (red: kanvas rem cakram) pasti 80% orang yang mau mengganti pad set ini mengalami kesulitan saat melakukan bongkar pasang, yang dikarenakan baut-bautnya pada selek(red:ulir aus/dol), buntutnya anda harus bawa tuh kaliper rem cakram ke tukang bubut tuk lepas baut-bautnya dan klo dah gitu kita juga harus ganti tuh baut2 kaliper dech, nah klo gitu kan jatohnya lebih mahal, lha wong niatnya mau ganti pad set koq malah mbredel ganti-ganti yang laennya.
  • trus waktu mau ganti pedal rem(red:injakan rem) blk, waktu mau di copot, wah… susahnya setengah mati… karena as-nya macet, ujung-ujungnya harus di potong dengan gerinda dan harus ganti as standar tengah + standarnya, kan jadi lebih mahal juga.
  • baut-baut pada body motor, klo jarang disentuh, begitu setahun mau ganti body biasanya susahnya juga setengah hidup , musti di pake obeng ketok, yah ko pas ngetoknya, klo nggak kan kena body motornya, malah lebih parah dech, di pahat, apalagi… tapi biasanya cara kuno bengkel umum ya gitu, pake obeng minus yang tajem trus tuh baut yang susah dibuka di pahat aja kearah kiri tuk bukanya.

itu aja dulu dech contoh kecilnya…sebenarnya yang laen juga masih banyak tapi capek juga klo ngetik sebnayak ini, apalagi belum tentu semua mau bacanya.
nih… yang ini yang penting tuk dibaca! kejadian-kejadian diatas, bisa kita cegah, caranya:

  1. semuanya diatas kan disebabkan oleh usia komponen yang cukup lama dan jarang sekali dibuka, makanya jadi berkarat dan saling nempel, kalo motor kondisi baru umumnya baut-baut masih gampang dibuka, makanya buka tuh baut-baut kaliper dengan kunci L, lalu keluarin, nah bagian ulirnya olesin pake grease(red:gemuk), dengan begitu baut nggak bakalan karatan nantinya, setahun kemudian mau ganti pad set, gampang dech! tul nggak?
  2. kalo urusan pedal rem dan as standar tengah, ini juga sama, bongkar dulu tuh komponen di bengkel, dengan cara yang sama oleskan grease pada as standar tengahnya, dijamin 3 tahun juga nggak bakal nempel/karatan.
  3. kalo baut-baut body, anda harus pastikan dulu bahwa pada saat motor kondisi baru, semua baut bisa dikendorin semua, dan sama kasih olesan grease secukupnya.

jadi dalam hal ini, grease berperan penting sekali buat motor anda untuk jangka yang lama, betul tidak?

Bedah mesin motor

# Tangki bensin

Tangki bensin digunakan sebagai tempat bahan bakar sebelum dialirkan ke karburator oleh pompa bensin.konstruksi tangki bensin terbuat dari baja yang dilapisi oleh timah.Pada tutup tangki bensin terdapat lubang kecil sebagai saluran udara.fungsi udara pada tangki bensin adalah untuk memberikan tekanan sehingga bensin bisa mengalir ke pompa bensin.Kerusakan pada tangki bensin :
-Retak/bocor
Perbaikannya:dilas atau diganti baru.
-Tangki bensin kotor
Perbaikannya:dikuras

# Pompa bensin

Pompa bensin gunanya untuk memompa bahan bakar dari tangki bensin ke karburator.Pompa bensin ada 2 jenis :pompa sistem mekanik & elektrik.
Gangguan pada pompa bensin:Pompa bensin tidak dapat memompa bahan bakar
akibatnya bensin tidak dapat masuk ke karburator dan mengakibatkan motor tidak dapat hidup karena tidak mendapat suplai bahan bakar.
Penyebabnya;-Tangki bensin kosong
-pipa bensin bocor
perbaikannya:ganti pipa bensin
-Packing pompa bensin bocor
perbaikannya:ganti packing pompa bensin
-Pipa bensin kotor
Perbaikannya:bersihkan pipa bensin
-membran sobek
Perbaikannya:ganti membran
-Pemasangan katup terbalik
Perbaikannya:posisi katup dibalik


# motor bensin : belah mesin

Motor bensin adalah seperangkat mesin yang sistem kerjanya dengan menggunakan bahan bakar bensin.Motor bensin ada yang bekerja dengan sistem 2takt dan ada yang bekerja dengan sistem 4 takt.
Komponen-komponen pada motor bensin:
-Karburator
-Pompa bensin
-Saringan bensin
-Tangki bensin
-Pedal gas
-Sistem pengapian
Karburator berfungsi sebagai pengatur campuran udara dan bahan bakar yang akan dimasukkan ke ruang bakar
Gangguan-gangguan pada karburator:
-Bensin meluap,akibatnya terjadi ledakan-ledakan atau detonasi,motor susah hidup,motor tidak bisa stasioner.
penyebabnya:
-Jarum pelampung aus
perbaikannya:ganti jarum pelampung
-Rumah jarum pelampung aus
perbaikannya:ganti rumah jarum pelampung
-pelampung bocor
perbaikannya:ganti pelampung
-stelan pelampung terlalu tinggi
perbaikannya:stel ulang tinggi pelampung
-Campuran bensin terlalu kaya(Perbandingan bensin & udara terlalu banyak bensin dari yang seharusnya),akibatnya:Motor susah hidup,motor mudah panas dan mati mendadak.
Penyebabnya:-Lubang nozzle terlalu besar
Perbaikannya:ganti nozzle
-katup choke masih tertutup
Perbaikannya:buka katup choke
-saluran stasioner kotor/mampat
Perbaikannya:Bersihkan saluran stasioner
-Campuran bensin terlalu miskin(Perbandingan udara dan bensin lebih banyak udara),akibatnya:motor susah hidup
Penyebabnya:-Saluran pengabut tersumbat
Perbaikannya:Bersihkan saluran pengabut
-stelan pelampung terlalu rendah
Perbaikannya:stel pelampung
-karburator bocor
Perbaikannya:Perbaiki kebocoran karburator


# Poros Engkol

Poros engkol disebut juga sebagai roda gila.Karena gerakan piston yang naik turun pada saat mesin hidup roda gila berputar.Fungsi roda gila adalah mengubah gerakan piston yang naik turun menjadi putaran.Karena putaran roda gila itu digunakan untuk menggerakkan mobil,sepeda motor,dan berbagai macam peralatan lain yang membutuhkan mesin otomotif.Poros engkol juga berfungsi sebagai tempat batang piston,lahger krug as/poros engkol,rotor magnet,gigi timing pada motor 4 takt &tempat rotari valve pada motor 2 takt.

Kerusakan pada poros engkol/poros engkol:
-Poros engkol aus
akibatnya:suara mesin berisik dari arah krug as,mesin cepat panas
Perbaikannya:ganti krug as
-Pen krug as aus
akibatnya:suara motor berisik,mesin bisa macet.
Perbaikannya:ganti pen krug as
-Lahger krug as aus
akibatnya:suara mesin berisik,mesin macet
Perbaikannya:ganti lahger krug as
-Seal krug as aus/rusak
akibatnya:bocor kompresi ckarter
Perbaikannya:ganti seal krug as
Lubang spi generator aus
akibatnya:generator berputar tidak normal
Perbaikannya:lubang spi di las &di bubut.
-Drat ulir rotor rusak
akibatnya generator kendor,motor hidup tidak normal
Perbaikannya:perbaiki drat di tukang las/bubut


# Piston

Piston berfungsi untuk mengubah energi panas menjadi energi gerak.Piston terdiri dari:
-Kepala piston
-ring piston
-Pen piston
-batang piston
-Bantalan piston

Kerusakan-kerusakan pada piston:
-Piston aus
akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:ganti piston
-Ring piston patah
akibatnya:bocor kompresi,mesin tidak bisa hidup,dinding silinder/piston rusak
Perbaikannya:ganti ring piston
-Dudukan pena piston aus
akibatnya:suara mesin berisik
Perbaikannya:Ganti piston
-Dudukan penahan pen piston aus
akibatnya:penahan piston lepas,pen piston bergerak ke kanan & kekiri,hal ini dapat merusak dinding silinder blok
Perbaikannya:ganti piston
-Bantalan piston aus
akibatnya:suara berisik,pisto bergerak tidak stabil,mesin macet.
Perbaikannya:ganti bantalan piston.

silinder blok berfungsi sebagai ruang bakar & tempat bergerak piston dimana piston mengubah energi panas menjadi energi gerak.Pada mesin yang sistem pendinginannya tidak menggunakan radiator,pada silinder bloknya terdapat sirip-sirip pendingin.gunanya untuk menyebarkan panas dari dalam keluar,sehingga suhu mesin tidak cepat panas.


Kerusakan pada silinder Blok:
-Silinder blok aus
akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:silinder blok di oversise,untuk over sise sudah ada standart ukurannya:0,25;0,50;0,75;dan 1mm.Bila ukuran oversise sudah mencapai 1mm maka silinder blok harus diverbus (diganti silindernya)
-Sirip pendingin banyak yang patah
akibatnya:mesin cepat panas
Perbaikannya:Ganti silinder blok.
-Ruang bakar banyak arangnya/kotor
akibatnya:mesin cepat panas & tenaga motor kurang
Perbaikannya:bersihkan ruang bakar
-Dinding silinder retak
akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:ganti silinder blok.
-Packing silinder blok rusak
akibatnya:oli bocor & boros
Perbaikannya:ganti packing silinder blok.

Kepala Silinder

Kepala silinder berfungsi sebagai penutup silinder dan sebagai bagian dari ruang bakar.pada kepala silinder terdapat:
-saluran masuk campuran bahan bakar & udara/katup masuk
- saluran keluar sisa pembakaran/katup buang
-Lengan pengungkit & porosnya
-tempat busi(pada motor bensin)

Kerusakan-kerusakan pada kepala silinder:
-Permukaan kepala silinder tidak rata
Akibatnya:kompresi bocor
Perbaikan:-amplas permukaan silinder cop sampai rata
-ganti silinder cop
-Dudukan katup rusak
Akibatnya:kompresi bocor
Perbaikannya:-Skur klep/katup
-Ganti dudukan katup
-Baut & mur kendor
Akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:-Kencangkan mur & baut
-Baut &mur kendor
Akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:-Ganti mur &baut
-Silinder cop retak
Akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:-Silinder cop di las
-Ganti silinder cop
_Lubang busi dol
Akibatnya:Bocor kompresi
Perbaikannya:Lubang busi diverbus
-Paking silinder cop rusak
Akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:ganti packing silinder cop
-Ruang bakar kotor
Akibatnya:mesin cepat panas & suara kasar
Perbaikannya:Bersihkan ruang bakar
-Dudukan noken as aus
Akibatnya:Suara kasar dari silinder cop
Perbaikan:Silinder cop diverbus
-Dudukan as timlar aus
Akibatnya:suara kasar dari arah katup
Perbaikannya:Dudukan as diverbus

Penyebab mesin panas

Paling menyebalkan, saat asyik berkendara, mendadak suhu mesin meninggi. Apalagi gejala itu terjadi kala dalam perjalanan mudik ke kampung halaman atau lagi sedang asik berkencan dengan sang kekasih.
Lebih bahaya lagi kalau tanpa disadari pengemudi terus menjalankan mobil hingga sampai mesin macet.


Sebenarnya, gampang menandai gejala suhu mesin panas. Tarikan atau akselerasi terasa berat. Lalu, ketika meluncur normal dan setiap akan menambah kecepatan muncul suara ngelitik di mesin.
Bisa jadi, sumber penyababnya terjadi kebocoran pada sistem pendingan mesin. Apalagi usia kendaraan sudah tua. Dengan informasi di bawah ini, mungkin Anda bisa memeriksa pada kendaraan Anda.

Slang Radiator
Perangkat ini memang terlihat remeh, sehingga banyak pemilik mobil mengabaikannya. Padahal, fungsi komponen dari bahan karet ini cukup besar. Bocor sedikit, bikin suhu tinggi. kebocoran disebabkan kondisi slang mengeras, karena faktor usia. jika dibiarkan menimbulkan keretakan di permukaan karet dean mudah sobek. Cepat ganti baru. Kalau kondisi masih bagus, kemungkinan pengikatnya kendur.

Tali Kipas dan Radiator

kedua perangkat ini sama-sama memiliki fungsi vital. Kerjanya pun saling berkaitan. Contoh, bila tali kipas kendur menyebabkan putaran kipas lemah dan tak maksimal. Akibatnya, suhu radiator tinggi karena tak mendapast embusan angin yang keras dari kipas. terlebih buat kendaraan yang dilengkapi AC.
Pengecekannya, periksa ketegangan tali kipas. Kondisi harus baik dan bebas dari keretakan. Terutama bagian dalam yang bergesekan langsung dengan puli. Sedang radiator, periksa apakah ada rembesan atau kebocoran.

Tutup Radiator

Bila kerapatan tutup tidak sempurna, menyebabkan uap dalam radiator menyelinap ke luar. Otomatis, volume air di dalamnya berangsur-angsur kurang, menyebabkan panas mesin naik.

Pompa Air

Fungsinya menjaga sirkulasi air dari radiator ke dalam mesin. Jika putarannya mengalami ganggguan, bisa menimbulkan kebocoran pada pompa atau suplai air kurang. Adakalnya pompa air mengnalami gangguan kebocoran. Faktornya, bisa disebabkan dari kondisi laher atau karet silnya.

Termostat

Perangkat ini berfungsi mengukur suhu air dalam radiator. Sistem kerjanya, pda suhu tertentu akan membukakan pintu untuk mengalirkan air dari radiator ke mesin. Kebanyakan di negara tropis, perangkat ini ytak dipakai. Karena suhu temperatur mesin cepat naik, sehingga memerlukan pendinginan air radiator lebih cepat.

Cara gampang agar motor awet

1. Servis Rutin
Setiap 2 bulan atau 2000 kilometer (tergantung mana yang lebih dulu di capai), hal itu tentu sangat penting mengingat kita tidak memiliki peralatan yang secanggih bengkel favorit kita, disarankan ke bengkel Ahass, karena item pemeriksaan lebih detail bergaransi, klo soal harga nggak mahal koq, dari pada buka-buka sendiri di rumah dengan kunci-kunci yang kurang pas dengan baut/murnya, bisa-bisa malah ada yang aus/seleg, wah bisa berabe, ujung-ujungnya malah ngeluarin duit lebih banyak lagi buat betulinnya.

2. Cuci motor anda!
Cuci sendiri / steam juga boleh, lakukan dengan rutin, setiap motor kita kucel, berdebu, sebaiknya bikin motor tungganngan kita selalu bersih, karena motor yang jorok berbeda rasanya waktu dinaiki dengan motor yang keadaannya bersih, betul nggak?

3. Periksa dan pastikan Oli tidak pernah telat ganti
Masa ganti oli sama dengan waktu servis, 2000km/2bln, Oli adalah bagian dari mesin yang tidak bisa di hindarkan pemeriksaan rutinnya.

4. Adakah rembesan-rembesan oli di bawah mesin anda!
Periksa, karena kalo ditemukan oli anda akan berkurang, akibatnya kapasitas oli tidak sesuai dan mesin akan cepat panas serta beberapa komponen mesin akan cepat aus, selanjutnya hal-hal yang terjadi adalah ;

  • Knalpot keluar asap putih
  • Suara mesin kasar
  • Tarikan motor berat
  • Nggak enak dech pokonya….

wuih… ngeri kan? kalo dah gitu kita jadi ngrogoh dompet dech dan habisnya ratusan ribu buat betulinnya!

5. Rante jangan dibiarkan kering
Kalo rante roda kering, cepet-cepet lumasin pake oli yang SAE-nya 80-90 kalo terlalu encer, maka akan cepet kering lagi, kalo sering kekeringan rante cepet melar, akibatnya sering kendor dan harus sering-sering disetel trus nggak lama minta ganti dech… tapi kalo rutin ngecek dan lumasin rante, dijamin awet!

6. Panaskan mesin 2 – 3 menit saja
Kebanyakan bikers penunggang honda kalo manasin mesin bisa sampe 10-15 menit, perlu diketahui bahwa itu adalah cara yang TIDAK TEPAT alias SALAH!, kenapa? sebab ada beberapa hal akibat dari cara yang salah itu antara lain;

  • Mesin cepat panas – karena pada kondisi mesin diam, mesin tidak mendapatkan sirkulasi udara yang maksimal dan karena RPM mesin kecil sehingga sirkulasi pelumasan dari ruang mesin bawah ke blok mesin atas kurang maksimal, sehingga bagian mesin atas akan cepat mengalami overheating (kepanasan), berbeda pada saat kondisi jalan, ada udara yang secara paksa mengipasin mesin, jadi mesin mendapatkan sirkulasi udara secara maksimal serta RPM yang tinggi membuat mesin mendapatkan pelumasan yang lebih sempurna.
  • Bensin boros - karena pada saat manasin mesin kondisinya berhenti maka campuran bahan bakar dan udara tidak seimbang, bensin lebih banyak masuk keruangan pembakaran sedangkan udara lebih sedikit, akibatnya campuran menjadi kaya sehingga apabila di cek businya akan kelihatan kehitam-hitaman, hal ini tandanya bahan bakar yang di konsumsi oleh mesin terlalu banyak alias boros.

Jadi kalo manasin mesin motor honda anda sebelum ditunggangi paling lama 3 menit saja. di jamin mesin awet!

7. Gunakan HGP (Honda Genuine Parts)
Spare part lain tidak menjamin kualitasnya, tapi Honda Genuine Parts berani bicara, apalagi sekarang HGP sudah mengeluarkan Spare Parts Honda yang BERGARANSI! untuk informasi hubungi ahass-ahass terdekat di kota Jawa Barat, karena Spare part yang bergaransi tersebut itemnya terbatas.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "MU BOARDING SCHOOL SMK"